Home » , , » Obake / Obakemono: Pengertian dan jenis-jenisnya

Obake / Obakemono: Pengertian dan jenis-jenisnya

Written By Unknown on Monday, June 3, 2013 | 8:41 AM


Sekarang kita akan membahas tentang Obake atau Bakemono. Apa sih Obake/Bakemono itu? Obake atau Bakemono pada umumnya adalah sebutan bagi mahluk yang bisa berubah bentuk atau merasuki suatu benda dan hewan untuk sementara. Perlu diingat! memang kebanyakan orang yang mengenal budaya Jepang menyebut Hantu dan setan dengan sebutan Obake, tetapi hantu dan setan yang berbentuk arwah manusia itu bukan Obake, melainkan Yurei.

Obake terdiri dari beberapa jenis. 


Secara garis besar Jenis Obake adalah Yokai, yaitu mahluk yang merasuki hewan atau bisa jadi mahluk yang berupa hewan yang bisa berubah bentuk menyerupai peranakan hewan itu sendiri dan bahkan bentuk manusia. Biasanya Yokai digambarkan dalam bentuk hewan kucing, musang (mujina), rakun (tanuki), dan rubah (kitsune). Contoh saat dia merasuki suatu hewan atau berubah menjadi hewan kodok, maka dia akan disebut Kappa (salah satu obake yang cukup populer), dan contoh saat dia berubah bentuk menjadi manusia adalah Nopperabou (manusia tanpa mata, hidung, dan mulut/manusia berwajah datar), Kuchi-sake onna (wanita bermulut robek), dll.


Tsukumogami adalah jenis obake yang berasal dari perkakas rumah tangga atau benda mati yang diberi arwah. Banyak versi yang mengatakan tentang bangkitnya Tsukumogami ini. Beberapa versinya seperti definisi bahwa benda-benda ini akan diberi arwah saat usianya mencapai 100 tahun, benda-benda yang dibuang/ditelantarkan begitu saja tanpa pemurnian, benda-benda yang digunakan secara kasar dan untuk menyakiti orang lain, dan masih banyak lagi. Inti dari berbagai versi itu adalah sang benda akan balas dendam pada sang pemilik karena tidak menghargainya. Contoh Tsukumogami seperti Kasa-obake/Karakasa (obake berbentuk payung dengan satu mata dan satu kaki), ittan-momen (obake berbentuk gulungan kertas/kain yang terbang melayang), chouchinobake (obake berbentuk lentera dengan lidah yang menjulur), dll.


Oni adalah jenis Obake yang berbentuk raksasa atau manusia yang besar berwajah seram dan memiliki tanduk dikepalanya. dalam budaya Jepang oni terbagi menjadi dua jenis Aka-Oni (Raksasa merah) dan Ao-Oni (raksasa biru), Oni ini membawa pentungan besi/kayu ditangannya.


Yurei, seharusnya yurei tidak termasuk dalam jenis Obake. Pasalnya yurei sendiri adalah roh/arwah manusia yang gentayangan karena penasaran ataupun mati dengan cara yang tidak wajar. Contoh dari yurei adalah zashiki warashi (hantu anak kecil yang melakukan keusilan didalam rumah), Yuki-onna (arwah wanita salju), Toire no Hanako (hantu perempuan di toilet wanita sekolah), dll.

Baca Kelanjutannya klik disini (indotaku.com) Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Setengah OTAKU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger